PEMBEKALAN PPL PPG SM-3T V UNY

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta (01/07) mengadakan pembekalan PPL bagi guru-guru PPG SM-3T di Gedung Layanan Akademik lantai 4 Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates. Kegiatan ini diikuti sekitar 38o peserta PPG dari berbagai program studi antara lain : PGSD, PLB, PAUD, PJKR, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Teknik, BK dan Matematika. Masing-masing jurusan tersebut diberikan pembekalan secara umum sebelum diterjunkan langsung ke sekolah-sekolah mitra yang sudah dipersiapkan.

Pembekalan PPL dibuka oleh Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Margana, M.Pd. Dalam pembukaan PPL tahun 2017 ini beliau menekankan akan pentingnya tanggung jawab seorang guru dalam mengemban amanah yang diberikan untuk mencerdaskan anak didiknya. “ Guru sekarang bukan hanya sekedar mengajar, tapi juga harus memaknai apa yang diajarkan”. Ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga di isi dengan beberapa materi  yang disampaikan oleh pimpinan PPG salah satunya disampaikan oleh Ketua P4TKN Bapak Drs.Suyud, M.Pd, dalam kesempatanya beliau menyampaikan tentang pedoman-pedoman dalam pelaksanaan PPL. “ Kegitan PPL sudah dibuatkan pedoman dalam bentuk buku, dengan harapan peserta bisa memahami isi pedoman sehingga kegiatan PPL nantinya dapat berjalan dengan baik”. Ungkapnya. Selain dari pimpinan UNY ada pemateri satu lagi yang menyampaikan tentang peran seorang guru, bukan sekedar memberikan pengajaran guru juga harus memberikan peran. Dimana peran yang diberikan dapat menjadi tauladan dan inspirasi bagi yang mendapatkannya.

Kesempatan yang baik ini, pastinya dimanfaatkan oleh peserta dengan aktif bertanya mengenai PPL yang akan dilaksanakannya. Pertanyaan tersebut nantinya akan menjadi sebuah titik terang perjalanan PPL kedepan. Dalam kesempatan pembekalan PPL 2017 ini juga terdapat beberapa kesan dan pesan yang disampaikan peserta. Datang dari peserta asal program studi PLB yaitu bernama Windha, “ Menurut saya pembekalan PPL tahun ini sudah bagus, banyak penggambaran yang disampaikan oleh pemateri dan beberapa pertanyaan teman-teman tadi setidaknya memberikan pencerahan akan hal yang kurang dipahami. Selain itu pembekalan tahun ini, diharapkan benar-benar dapat diaplikasikan peserta dalam pelaksanaan PPL nantinya” Ungkap Windha. (Sidiq)