Yudisium PPG

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, mengyudisium sebanyak 298 orang Program Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Pasca Sarjana Mendidik Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM3T) dan 41 orang, peserta Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, baru-baru ini di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat UNY. Nama yang tercantum dalam SK Rektor : 1.29/UN.34/12/2017, dan selanjutnya mereka yang di Yudisium disebut Guru Profesional.

Rektor UNY dalam sambutannya memberikan selamat karena sudah melewati proses pendidikan profesi guru di Univeritas Negeri Yogyakarta dengan penuh suka dan renik-renik untuk mencapai kesukaan itu, untuk mencapai suka tersebut membutuhkan perjuangan, kerja keras, dan keikhlasan untuk melakukan sesuatu hal, apalagi ini profesi dalam pendidikan dimana struktur pelaksanaan pendidikan ini sudah sangat jelas mulai dari rekrutmen, pembelajaran dimana disini ada guru peserta dan dosen, kemudian ada fasilitas dan sumber belajar, leadhership dan unsur-unsur pendukungnya.

Dan setelah melewati proses dan persyaratan tertentu harus mengikuti ujian dan terlahirlah anda semua sebagai calon guru dengan sebutan Guru Profesional. “Meskipun belum tahu akan ditempatkan dimana, tetapi saya berharap komitmen sebagai guru profesional di Indonesia yang nanti akan mendidik anak-anak bangsa calon generasi emas dengan penuh keikhlasan, kecerdasan, dan kerja keras”, tambah Sutrina Wiabawa. Sutrisna Wibawa juga berharap semua proses pendidikan di UNY dijadikan sebagai bagian utama untuk melengkapi S1, karena program Profesi Guru dilaksanakan setelah melakukan S1, sehingga antara S1 dan Pendidikan Profesi Guru tidak dapat dipisahkan karena Sarjananya akan mendasari dan Pendidikan Profesi Guru yang akan mengimplementasikan profesi guru yang profesional yang memiliki potensi profesional (akademik), potensi pedagogik, potensi sosial, dan yang terakhir kepribadian.

Selanjutanya dilakukan penyerahan SK Rektor secara simbolis kepada masing-masing angkatan, oleh Rektor UNY didampingi Wakil Rektor 1 dan Kepala LPPMP. Ketiga Perwakilan tersbut adalah dari PPG SM3T Angkatan IV Sdri. Mia Amelia dari Prodi PBK; PPG SM3T Angkatan V Sdri. Siti Robingah dari Prodi PGSD FIP; PPG Dalam Jabatan Bersubsidi Sdr. Prabowo Dwi Kurniawan Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT. Kepala LPPMP, Prof. Anik Ghufron, M.Pd menjelaskan untuk PPG SM3T Angkatan V Tahun 2017 sebanyak 368 peserta mendaftarkan diri dan yang lolos seleksi PPG SM3T sebanyak 287 peserta. Mereka yang lolos PPG SM3T Angkatan V Tahun 2017 terdiri : Prodi BK 13 orang, Prodi Pendidikan PAUD 20 orang, Prodi PGSD 29 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 14 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 14 orang, Prodi Pendidikan Biologi 14 orang, Prodi Pendidikan Fisika 15 orang, Prodi Pendidikan IPA 12 orang, Prodi Pendidikan Kimia 23 orang, Prodi Pendidikan Matematika 4 orang, Prodi Pendidikan Geografi 18 orang, Prodi Pendidikan IPS 2 orang, Prodi Pendidikan Pnacasila dan Kewarganegaraan 18 orang, Prodi Pendidikan Sejarah 14 orang, Prodi Pendidikan Tata Boga 15 orang, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif 15 orang, Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 17 orang, Prodi Pendidikan Akuntansi 15 orang, dan Prodi Pendidikan Ekonomi 15 orang, total yang tidak lulus 77 orang.

Sedang PPG SM3T Angkatan IV Tahun 2017 sebanyak 11 orang, terdiri dari Prodi BK 1 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2 orang, Prodi Pendidikan Geografi 1 orang, Prodi Pendidikan Sosiologi 5 orang, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif 2 orang. PPG Dalam Jabatan Pendidikan Vokasi sebanyak 41 orang. Terdiri dari Prodi Teknik Elektronika 1 orang, dan 40 orang dari Prodi Pendidikan Otomotif. Kepala LPPMP, juga menambahkan masih ada beberapa peserta yang mengikuti PPG tetapi belum lulus, semoga yang akan datang bisa lulus semua.(Arif Budiman)

Tags: