MAHASISWA PPG SM-3T ASRAMA CONDRONEGARAN LAKUKAN AKSI REFLEKSI

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Selasa (2/5) lalu disambut dengan beberapa rangkaian kegiatan oleh segenap mahasiswa PPG SM-3T FIP UNY. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan Upacara Peringatan Hardiknas bertempat di lapangan upacara kampus III FIP UNY, diisi dengan pembacaan sambutan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi oleh Isti Yuni Purwanti, M.Pd. selaku pembina upacara.

Peringatan Hardiknas bukan hanya sekedar perayaan. Momentum ini diharapkan mampu menjadi alarm, khususnya bagi insan pendidik untuk terus bekerja keras melakukan pembaharuan, demi terciptanya generasi emas Indonesia. Siswa adalah masa depan bangsa, maka biarkan mereka merdeka belajar agar bangsa kita merdeka dalam dunia pendidikan.

Dalam rangka membangun harmoni kebersamaan, diselenggarakan acara makan malam lesehan di pendopo asrama Condronegaran dengan makanan yang ditata sedemikian rupa beralaskan daun pisang. Momen hangat tersebut dibersamai oleh Kepala Asrama, Drs. Suparlan, M.Pd.I.

Pada kesempatan tersebut, Suparlan meresmikan dewan pers peserta PPG SM-3T Kampus III FIP UNY yang mengusung nama `Suara Condronegaran`. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video refleksi pendidikan berjudul I Just Sued the School System.  Berdasarkan video berdurasi 6 menit tersebut, peserta PPG SM-3T kemudian melakukan refleksi yang dikemas dalam sesi sharing dan diskusi bersama. “Guru yang mendidik dengan hati, bukan sekedar mencari sertifikasi. Proses pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswa, bukan memaksa mereka untuk menguasai segala hal. Kontrol dan kepercayaan dari pemerintah serta orang tua. Barangkali tiga hal itu yang masih perlu dibenahi,” ujar Armia Arjun, peserta PPG SM-3T dari Prodi PGSD.

Sebagai acara puncaknya, panitia mengadakan kuis `Rangking 1` untuk menguji wawasan dan pengetahuan para calon guru profesional ini. Ada 3 babak dengan berbagai bentuk soal dan muatan materi berupa IPA, IPS, Matematika, Bahasa, PKn, dan pengetahuan umum. Dari babak penyisihan hingga babak final, didapat satu peserta  yang berhasil meraih Rangking 1, yaitu Arif Prasetyo dari Prodi Bimbingan & Konseling. (rob/ant)